*MotoGP San Marino 2024: Ketika Marquez Menang karena Bantuan Hujan

motogp.

BANGTOGEL - Marc Marquez sukses memenangi MotoGP San Marino 2024. Pebalap beralias The Baby Alien itu mengakui adanya "bantuan" hujan.

Rentang sepekan ini terasa begitu indah bagi pebalap Gresini Racing, Marc Marquez. Bagaimana tidak?

Setelah sempat melalui tiga tahun tanpa kemenangan pada balapan MotoGP, Marquez langsung berjaya dan finis pertama dalam dua seri beruntun, yakni di Aragon dan San Marino.

Kemenangannya di MotoGP Aragon 2024 pekan lalu mengakhiri penantian Marquez selama 1.043 hari untuk berdiri di podium pertama.

Selang sepekan, Marquez kembali naik podium tertinggi di balapan MotoGP San Marino 2024 yang digelar di Sirkuit Misano, Minggu (8/9/2024).

Marquez finis lebih dari tiga detik di depan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team), yang memulai balapan dari posisi terdepan.

Pebalap asal Cervera itu melesat dari posisi sembilan di grid dan memimpin balapan saat lintasan basah sesaat akibat guyuran hujan ringan.

Bantuan "hujan" ini diakui oleh Marquez, pemilik enam gelar juara dunia di kelas MotoGP.

"Ketika mulai turun hujan di layar, saat itulah saya memutuskan untuk maju menyerang atau mengambil lebih banyak risiko. Dalam satu putaran, saya berhasil melewati lima pebalap dan memimpin balapan," kata Marquez kepada para wartawan.

Ketika turun hujan, Marquez tak gegabah untuk mengganti ban seperti Jorge Martin (Pramac Racing). Keputusan Jorge Martin untuk mengganti ban ternyata memang berharga mahal.

Lantaran masuk pit untuk mengganti ban, Jorge Martin yang tadinya berada di urutan kedua harus melihat posisinya melorot jauh.

Ia pada akhirnya harus masuk pit lagi untuk kembali memakai ban kering. Pada akhirnya, Jorge Martin hanya mampu menuai satu poin karena finis di posisi 15.

Marquez mengatakan bahwa dirinya mengikuti bocah "lokal" asal Italia, Bagnaia, untuk tidak mengganti ban. Seperti diketahui, San Marino terletak hanya sepelemparan batu dari Italia, negara Bagnaia berasal.

"Pebalap lokal memutuskan untuk tetap di luar (tak masuk pit), jadi mereka pasti lebih tahu dari saya," tutur Marquez menambahkan.

Sementara itu, Martin mengakui bahwa dirinya telah membuat kesalahan besar ketika memutuskan untuk masuk pit dengan 20 lap tersisa.

"Saya tidak mengambil strategi yang tepat, itu sudah pasti. Mungkin saya lebih memikirkan balapan daripada kejuaraan, jadi saya berpikir bahwa untuk memenangkan balapan lebih baik berhenti,

Posisi Jorge Martin sebagai pemuncak klasemen pebalap MotoGP 2024 pun kian terancam oleh Bagnaia.

Ia hanya berselisih tujuh poin dari Bagnaia yang berada di peringkat kedua klasemen Kejuaraan Dunia MotoGP 2024.

Kemenangan di MotoGP San Marino 2024 juga membuka kans buat Marc Marquez yang kini terpaut 53 angka dari Jorge Martin. The Baby Alien sekarang menempati peringkat tiga.

"Saya rasa jika cuacanya tetap sama seperti sebelumnya, saya akan menang, tetapi dari satu putaran ke putaran berikutnya, hujannya berhenti. Setidaknya saya mendapatkan satu poin," kata Jorge Martin.